Pernikahan adalah suatu acara yang didalamnya terdapat berbagai perpaduan unsur yang mempengaruhinya sehingga ada istilah tradisi pernikahan. Seperti tradisi pernikahan Jawa disana ada unsur budaya, unsur agama, unsur letak geografis dan sebagainya. Karena itulah tradisi pernikahan di tiap-tiap negara berbeda-beda tergantung unsur-unsur yang mempengaruhinya.

Demikian pula tradisi pernikahan muslim di berbagai negara. Meskipun tiap negara muslim memiliki tradisi pernikahan yang berbeda-beda akan tetapi yang menjadikan ciri khas dari tradisi pernikahan muslim adalah dalam upacara pernikahan tersebut masih menerapkan unsur agama meskipun memakai unsur lain yang bisa jadi bertentangan dengan norma agama.

Tradisi Pernikahab Muslim

Penggunaan henna dalam tradisi pernikahan muslim. Sumber pixabay

Beberapa Tradisi Pernikahan Muslim

Umat muslim ada dan terbentang dari Indonesia sampai Maroko. Dan dari umat muslim yang jumlahnya milyaran tersebut memiliki satu sumber acuan yang sama dalam kehidupannya yaitu Al Quran. Oleh karena itu pada tradisi pernikahan umat muslim dimanapun berada biasanya tidak lepas dari pembacaan ayat suci AlQuran.

Akan tetapi ada unsur lain yang membuat tradisi itu berbeda bahkan terbilang unik. Inilah tradisi pernikahan muslim di berbagai negara.

Tradisi Pernikahan Muslim Melayu

Dalam tradisi pernikahan muslim melayu tidak begitu berbeda dengan pernikahan di Indonesia terutama di wilayah Sumatera yang banyak dihuni etnis melayu. Pada tradisi pernikahan ini mempelai wanita tiga hari sebelum [ernikahan harus menghias diri.

Hiasan yang dipakai adalah henna atau pacar. Mempelai wanita dalam menghias tangannya akan dibantu oleh kerabat wanita dan teman-teman mempelai wanita. Adat menghias dengan henna tersebut biasa disebut berinai.

Yang menikahkan pasangan pengantin pada masyarakat melayu adalah seorang imam atau Qadhi. Dan penandatanganan kontrak pernikahan akan .dilakukan setelah pembacaan ayat suci Al Quran. Setelah pengantin dinikahkan pengantin yang menggunakan pakaian adat seperti bangsawan melayu tersebut akan di layani seperti layaknya bangsawan pada hari itu. Mungkin dari sinilah ada istilah raja sehari bagi mempelai berdua yang baru saja menikah.

Tradisi Pernikahan Muslim Afghanistan

Proses lamaran akan dilaksanakan sebelum melaksanakan pernikahan. Karena memang antara pihak pria dan wanita jarang bertemu sebelumnya maka pihak keluarga mempelai pria harus mencari keterangan atau mengecek latar belakang mempelai wanita. Mereka mencari informasi tentang keturunan, perilaku, dan informasi lainnya sebelum benar-benar akan menikahinya.

Didalam pernikahan Afghanistan seperti pernikahan budaya Islam lainnya kaum wanitanya akan menggunakan henna. Bahkan di dalam pernikahan khas Afghanistan akan diselenggarakan pesta henna yang diselenggarakan oleh tamu wanita.

Dari sisa henna yang dipakai pesta akan dibagikan kepada gadis-gadis yang belum menikah. Hal ini dipercaya agar para gadis segera mendaparkan jodoh. Hal yang berbeda lainnya dari pernikahan di Afghanistan adalah segala sesuatu di saat pernikaha tersebut akan di dominasi dengan warna hijau yang merupakan warna kesukaan Rasulullah.

Tradisi Pernikahan Muslim Mesir

Adat pernikahan di Mesir tergolong ‘berat’. Karena sebelum mempelai pria benar-benar melamar mempelai wanita maka mempelai pria harus menyediakan perhiasan yang lengkap, rumah bahkan ada pula kendaraan yang disiapkan umtuk membangun keluarga. Itulah mengapa banyak pasangan di Mesir dan negara Arab lainnya bisa menikah setelah usia mereka cukup dewasa.

Tak berbea dengan negeri muslim lainnya, pada malam hari sebelum dilaksanakannya pernikahan ada tradisi pernikahan yang khas dilaksanakan yaitu pesta henna atau Henna Night. Dalam acara itu teman-teman mempelai wanita akan datang dan merias mempelai wanita dengan henna. Begitu juga teman-teman mempelai pria akan mendatangi mempelai pria untuk berpesta semalam suntuk.

Yang berbeda dari tradisi pernikahan di Mesir adalah pesta pet ataupun rnikahan di Mesir hanya dilaksanakan pada malam hari dan disana tidak akan ditemukan makanan berat ataupun prasmanan. Pada pesta pernikahan di Mesir tamu hanya akan disuguhi minuman dan makanan ringan sejenis roti cokelat dan juga kerupuk kentang.

Tradisi Pernikahan Muslim

Meskipun sebagian mengadopsi budaya barat dalam pernikahannya kaum muslim banyak yang masih mempertahankan identitas muslim saat perayaan pernikahan. Sumber unsplash

Demikian ulasan mengenai tradisi pernikahan muslim yang ada di berbagai negara. Kita musti tahu bahwa budaya barat yang bersifat invasif sangat mempengaruhi kehidupan dan budaya di negeri-negeri mayoritas muslim. Akan tetapi yang harus kita sadari adalah jangan sampai perkembangan teknologi dan kemajuan zaman harus menggerus kehidupan beragama kita.

Boleh saja kita menggunaka kemajuan teknologi untuk acara pernikahan misalnya penggunaan undangan digital. Akan tetapi batasan halal dan haram juga harus diperhatikan jangan sampai dengan alasan menggunakan teknologi dan atasnama kemajuan kita melanggar pedoman syariah.

Bisa jadi dengan menggunakan undangan digital kita bisa melanggar aturan syariah dengan memajang foto prewedding pada undangan tersebut. Oleh karena itu percayakan pembuatan undangan digital hanya di undangan digital Jogja yang konsen terhadap prinsip syariah dalam pembuatannya.