Pernikahan adalah sesuatu yang diidam=idamkan oleh para wanita ataupun pria yang telah dewasa dan matang tetapi belum memiliki pasangan halal. Dan terkadang ada saja kendala dari masing-masing orang untuk tidak segera menikah meskipun secara finansial, dan usia sudah matang.

Salah satu kendala pernikahan adalah keberanian atau mental. Pada umumnya pihak wanita menunggu dilamar sedangkan pihak pria menunggu kode dari pihak wanita akan kesiapannya. Disitlah timbul situasi stagnan. Maka timbul pemikiran jika pihak pria tidak berani segera memulai mengapa tidak dari pihak wanita saja yang memulai dengan pihak wanita menawarkan diri untuk dinikahi?

Wanita Melamar Pria

Wanita menunggu menunggu dilamar pria. Sumber pixabay

Agak aneh terdengar ketika menyebut wanita menawarkan diri untuk dinikahi duluan. Apalagi tradisi dalam pernikahan Jawa pasti pihak pria yang melamar duluan. Memang ada daerah di Indonesia dengan budaya bahwa wanita melamar pria.

Meskipun dalam Islam ada kebolehan pihak wanita menawarkan diri untuk dinikahi akan tetapi ada beberapa cara untuk meyakinkan pihak pria agar segera menikahi wanita. Maka tidak salah jika mencoba langkah tersebut sebelum pihak wanita benar-benar menawarkan diri secara langsung.

Meyakinkan pihak pria agar segera melamar

Jika saling menunggu di antara pihak pria dan wanita hanya akan terjadi stagnan. Komunikasi tidak berjalan maka proses akan menjadi tidak lancar. Bahkan bisa menjadi gagal jika ada ‘pemain baru’ datang. Olehlarena itu dibawah ini usaha yang bisa dilakukan untuk meyakinkan pihak pria agar segera melamar.

Mengutarakan dengan bercanda

Rasulullah SAW bersabda : “Ada tiga hal yang seriusnya serius dan bercandanya dianggap serius, yaitu nikah, cerai dan rujuk” (HR. Abu Dawud)

Bersandar kepada hadits ini sebenarnya ketika pihak wanita melakukan candaan atau memberi kode kepada pihak pria agar segera dinikahi maka jika pihak pria paham agama maka harusnya ia tahu bahwa pihak wanita benar-benar serius ingin dinikahi meskipun mengutarakan maksudnya dengan bercanda.

Oleh karena itu pihak wanita bisa meminta pihak pria agar segera melamar dan pemyempaian pesan tersebut bisa menggunakan kode atau candaan.

Melalui perantara pihak ketiga

Pihak wanita bisa menggunakan perantara pihak ketiga dalam menyampaikan maksudnya kepada pihak pria. Dan untuk kasus perantara jodoh atau biasa disebut mak comblang ini sudah umum terjadi di masyarakat.

Dalam memilih mak comblang bisa melalui keluarga, kerabat dekat atau sahabat. Jangan sampai salah memilih perantara dalam jodoh karena dalam perjodohan diperlukan kejujuran dan amanah dari perantara. Dan untuk kelancaran komunikasi bisa menggunakan grup chat yang anggitanya hanya bertiga yaitu pihak pria, pihak wanita dan mak comblang itu sendiri.

Wanita melamar pria

Dalam suatu riwayat diceritakan sebagai berikut; :

حدثنا أبو بكر بن خلف و محمد بن بشار قالا حدثنا مرحوم بن عبد العزيز حدثنا ثابت قال كنا حلوسنا مع أنس بن مالك وعنده ابنة له فقال أنس جاءت امرأة إلى النبي صلى الله عليه وسلم فعرضت نفسها عليه فقالت يا رسول الله هل لك في حاجة فقالت ابنته ما أقل حياءها قال هي خير منك رغبت في رسول الله صلى الله عليه وسلم فعرضت نفسها عليه

Telah menceritakan kepada kami Abu Bisyr bin Bakr bin Khalaf dan Muhammad bin Basysyar keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami Mahrum bin Abdul Aziz berkata, telah menceritakan kepada kami Tsabit berkata, “Aku pernah duduk bersama Anas bin Malik, sementara di sisinya adalah puterinya.

Anas berkata, “Ada seorang wanita datang kepada Nabi saw. menawarkan dirinya kepada beliau, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah engkau mau menerimaku?” lantas putrinya (Anas) berkata, “Betapa sedikitnya rasa malu yang dimiliki wanita itu! ” Anas berkata, “Bahkan ia lebih baik darimu, ia menyukai Rasulullah saw., lalu menawarkan dirinya kepada beliau.” (HR Ibnu Majah)

Dari hadits di atas mengindikasikan bahwa pihak wanita boleh melamar pria atau boleh meminta pihak pria untuk menikahinya dan diutarakan secara langsung. Oleh karena itu bagi para wanita yang memiliki mental dan keberanian boleh meminta pria yang diidam-idamkannya untuk segera menikahinya. Apalagi jika diketahui pria yang dimintanya tesebut adalah pria yang baik agamanya.

Wanita Melamar Pria

Penggunaan mak coblang penting Sumber pexels

Demikian ulasan mengenai wanita menawarkan diri untuk dinikahi dalam pandangan Islam. Dalam perkembangan zaman bisa jadi wanita akan lebih berani dalam melamar. Selain karena hal tersebut tidak dilarang dalam agama.

Semakin maju zaman semakin berubah pola pikir manusia. Undangan yang dahulu harus ribet mencetak dan mengedarkanpun kini cukup menggunakan file digital dan disebar via gadget. Seperti undangan digital yang bisa di dapatkan di undangan digital Jogja maka kita tidak perlu ribet. Bisa jadi karena tidak mau menunggu lama tren wanita melamar pria akan terjadi.