Pernikahan adalah sesuatu yang disyariatkan dalam agama ini. Bahkan dalam suatu hadits Rasulullah menerangkan bahwa barangsiapa yang tidak mengikuti sunnahnya maka bukan bagian dari golongan pengikut Rasulullah. Para ulama ada sebagian yang menafsirkan dalam hadits tersebut bahwa sunnah yang dimaksud adalah menikah.

Dalam pernikahan tentu ada suatu barang yang sangat penting yang disebut mahar. Mahar pernikahan merupakan suatu barang yang terdapat nilai materiil maupun nilai simbolis yang diberikan oleh pihak mempelai pria kepada mempelai wanita saat ijab qabul. Dalam penentuan jenis mahar pernikahan tiap orang atau daerah berbeda beda. Dan besar dan jenis mahar pernikahan biasanya tergantung pada kesepakatan kedua keluarga.

Meskipun begitu ada juga mahar pernikahan yang jenis dan besar kecilnya nilai dipegaruhi oleh adat istiadat. Pada suku bugis ada istilah uang panaik yang besar kecilnya dipengaruhi oleh pendidikan dari gadis yang akan dinikahi. Selain itu untuk menikahi gadis asal Aceh dan Batak juga menggunakan mahar yang lumayan besar.

Jenis Mahar Pernikahan

Dinar menjadi salah satu jenis mahar pernikahan yang populer akhir akhir ini. Sumber IG @dinardirhamgalery

Beberapa jenis mahar pernikahan

Ada beberapa barang yang sering di jadikan mahar pernikahan. Pemilihan jenis mahar pernikahan ini terkadang tak ada kaitannya dengan adat istiadat. Barang yang dipilih bisa jadi ada nilai manfaat tersendiri atau memang memiliki selera tersendiri hingga memilih barang tersebut untuk mahar pernikahan. Dan saat ini jika kita jeli melihatnya, ada beberapa pihak yang mengambil peluang bisnis dari acara pernikahan dengan menyediakan jasa menyiapkan dan ‘membentuk’ mahar pernikahan sedemikian rupa agar menarik. Berikut barang yang biasa di jadikan mahar pernikahan.

Seperangkat alat sholat

Jenis mahar pernikahan seperti ini sangat umum digunakan dalam pernikahan dengan kedua pasang mempelai beragama islam.  Bahkan umtuk yang jarang sholat pun memakai jenis mahar pernikahan ini karena memang mahar ini sangat umum digunakan. Barang yang diberikan biasanya satu set mukena dan satu sajadah. Ada pula yang memberikan tambahan berupa Al Qur’an.

Penggunaan mahar ini sebagai simbol bahwa keluarga yang dibangun nantinya diharapkan menjadi keluarga yang taat dalam ibadahnya. Akan tetapi karena seperangkat alat sholat ini sudah terlalu mainstream maka arti dari penggunaan seperangkat alat sholat sendiri sudah mulai kabur.

Uang tunai

Jenis mahar pernikahan selanjutnya adalah uang tunai.  Penggunaan uang tunai rata-rata hanya digunakan untuk simbol dari waktu pernikahan. Jika pernikahannya dilaksanakan pada 21 Agustus 2019 maka uang mahar yang diberikan sebesar Rp 2.108.2019.

Dengan menggunakan jumlah tertentu yang melambangkan tanggal kejadian diharapkan momen indah tersebut akan selalu di kenang sampai tua. Dan tentu saja mahar yang diberikan berupa uang yang sudah dibingka dan dihias sedemikian rupa. Karena jumlahnya tidak terlalu besar maka biasanya mahar tersebut disimpan sebagai kenangan.

Keping Dinar dan Dirham

Ada lagi uang yang digunakan untuk mahar adalah uang dinar dan dirham. Jenis mahar pernikahan ini digunakan karena nilai dari dinar dan dirham tidak akan turun terkena inflasi. Satu dinar hari ini berlaku untuk membeli seekor kambing dan berlaku sama pada saat masa Rasulullah.

Karena jenis mahar pernikahan ini tidak turun nilainya dari waktu ke waktu maka pihak yang menerima mahar ini menyimpannya sebagai tabungan  dan akan dikonversi dalam bentuk rupiah jika akan diperlukan sewaktu waktu. Sebagai catatan, bahwa akhir-akhir ini bermunculan komunitas pengguna dinar dan dirham. Mereka mendirikan semacam agen penjualan yang tersebar di berbagai kota sehngga untuk mendapatkan uang dinar dan dirham untuk saat ini tidaklah sulit.

Perhiasan

Selain uang dan perlengkapan ibadah ada jenis mahar pernikahan yang umum digunakan yaitu perhiasan. Perhiasan memang umum digunakan. Biasanya para orangtua lebih suka menerima pemberian mahar dalam bentuk perhiasan karena dalam pandangan masyarakat orang akan naik strata sosialnya ketika memiliki dan memakai perhiasan. Selain bisa dipaka sebagai aksesoris tubuh. Perhiasan juga bisa dijadikan tabungan yang bisa diuangkan sewaktu-waktu.

Barang lain

Ada beberapa pasangan yang menikah dengan menyiapkan mahar barang tertentu sesuai perjanjian. Biasanya jenis mahar pernikahan yang dipakai adalah barang yang ada kaitanya dengan hobi, dengan pekerjaan dan lain sebagainya.

Jenis Mahar Pernikahan

Perhiasan menjadi barang yang umum dijadikan mahar pernikahan. Sumber pexels

Seperti itulah jenis mahar pernikahan yang sering dipakai di masyarakat. Sebenarnya mahar adalah perlambang, semakin rendah mahar bukan berarti semakin ‘murah’ mempelai wanita yang dipnang. Begitu juga sebalknya. Persiapkanlah mahar anda jauh-jauh hari sebelum pernikahan dan bicarakanlah kepada pihak mempelai wanita. Siapa tahu ada jenis mahar pernikahan tertentu yang diinginkan. Dan jangan lupa pembuatan undangan nikahnya menggunakan jasa undangan digital Jogja yang berpengalaman dalam membuat berbagai kreasi undangan digital.