Akhir-akhir ini kita sering mendapatkan undangan baik berupa acara rapat, syawalan ataupun pernikahan hanya melalui media sosial semisal WhatsApp. Undangan berbentuk video ataupun undangan dalam bentuk poster digital sudah umum tersebar. Begitu juga jasa undangan digital semisal perusahaan undangan digital Jogja juga mulai menggeliat. Fungsi kertas telah tergeser. Mengapa perubahan tren masyarakat begitu cepat?

Undangan digital mampu menggeser penggunaan kertas menjadi bentuk digital pada smartphone. Sumber pexels.

Dalam proses daur hidup manusia terutama bagi seorang muslim yang dalam kehidupannya telah diatur oleh syariat tentu ketika menjalani kehidupan akan menemukan sebuah momen yang senantiasa dikenang dan sangat penting dalam kehidupan. Dalam Islam, proses daur hidup dimulai dari kelahiran, pernikahan dan kematian senantiasa ada suatu ritual perayaan dan peringatan pada tiap ‘titik poin’ nya meskipun hanya sederhana.

Dari perayaan atau peringatan inilah diperlukan silaturahim kepada keluarga atau anggota masyarakat lain selain keluarga yang memperingatinya. Silaturahim di maksudkan dalam rangka mengundang anggota keluarga lain atau anggota masyarakat lain agar hadir dan terlibat dalam peringatan tersebut.

Dalam budaya jawa ada istilah ‘atur-atur’ yakni pihak keluarga mengutus seseorang untuk menyambangi dan meminta secara khusus pihak yang diundang agar hadir dan terlibat dalam suatu peringatan atau hajatan. Atur-atur berasal dari kata ngaturi yang maknanya adalah menyuruh, menyuruh datang, atau mengundang secara halus. Akan tetapi dalam perkembangannya budaya atur-atur ini sudah mulai terkikis.

Kegiatan manusia mulai kompleks dan menginginkan sesuatu yang instan tidak bertele-tele. Maka dalam perkembangannya kegiatan atur-atur mulai digantikan dengan menggunakan undangan kertas. Untuk sekedar kenduri biasa hanya memerlukan undangan kertas HVS yang di print. Dan untuk beberapa hajatan memerlukan undangan yang bagus seperti udangan pernikahan. Dan saat ini undangan digital perlahan-lahan mulai menggeser posisi kertas. Namun demikian untuk beberapa acara hajatan masih menggunakan undangan cetak dengan basis kertas.

Beberapa acara dibawah ini perlu menggunakan undangan yang bagus.

Acara yang perlu menggunakan undangan selain pernikahan

Khitanan

Pada musim liburan, anak anak yang libur sekolah yang belum khitan akan menggunakan kesempatan liburan tersebut dengan menyelenggarakan khitan. Bagi yang orangtuanya mampu maka sekedar acara khitan saja akan diselenggarakan dengan biaya besar. Terutama di pedesaan, jika yang menyelenggarakan khitan adalah keluarga terpandang pasti akan ada hajatan besar dan juga tontonan wayang. Dan tak jarang mereka juga menyebar undangan yang banyak untuk tamu undangan.

Ulang Tahun Kelahiran

Pada acara ulang tahun tentu perlu menggunakan undangan. Undangan yang dicetak biasanya memiliki desain dengan nuansa gembira dan penuh warna. Selain itu orangtua yang menyelenggarakan ulang tahun untuk anaknya juga akan mengundang badut penghibur.

Ulang Tahun Pernikahan

Beberapa pasangan suami istri yang sukses dalam membina keluarga dan sukses secara finansial terkadang akan menyelenggarakan acara ulang tahun perkawinannya. Mereka akan membuat undangan dan mengundang kerabat, kolega dan teman temannya untuk hadir dalam acara pesta ulang tahun pernikahan. Beberapa tokoh dan juga artis bahkan menyelenggarakan acara ini dengan mewah dan tak kalah dengan acara pernikahannya dahulu.

Aqiqahan

Masyarakat pedesaan yang memiliki kultur budaya Islam tradisional biasanya akan ada pembacaan maulid Barzanji pada saat acara aqiqahan. Dengan mengundang warga sekitar, kerabat atau kolega mereka akan diundang pada malam atau sore hari. Biasanya akan di laksanakan atur-atur terlebih dahulu pada siang harinya.

Akan tetapi ada sebagian masyarakat yang mungkin sudah berpikir praktis atau bisa juga sulit untuk mencari seseorang yang mau membantu melakukan atur-atur maka tak jarang acara aqiqahan undangannya berupa kertas yang di desain seperti undangan pernikahan. Sehingga keluarga pengundang cukup menyebar undangan saja.

Untu acara tertentu undangan basis kertas masih eksis.

Begitu juga dengan kateringnya. Saat ini selain katering pernikahan juga telah hadir katering khusus aqiqah yang akan menyediakan kambing aqiqah untuk disembelih dan sekaligus dikemas dalam nasi kotak beserta nasi, sayur dan lainnya. Keberadaan katering khusus aqiqah ini tentu akan mempermudah  siapa saja yang akan menyelenggarakan peringatan aqiqah yang praktis. Untuk jasa katering aqiqah di Jogja bisa ke Zalfa Aqiqah. Zalfa Aqiqah merupakan jasa layanan aqiqah Jogja yang sudah terpercaya dan berpengalaman dalam menangani aqiqah.